Ini Hikmah dari Dipisahnya Sejumlah Ganda Andalan Pelatnas

Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Sumber :
  • Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

VIVA.co.id – Tahun 2017 menjadi momentum, di mana pasangan ganda campuran terbaik Tanah Air, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir 'bercerai'. Keduanya, tak lagi menjadi duet maut Indonesia.

Revans Lawan China, Rinov/Pitha Juara Spain Masters 2024

Owi (sapaan Tontowi), kini memiliki pasangan baru. Dia adalah pebulutangkis putri berusia 23 tahun, Gloria Emanuelle Widjaja. Pasangan Owi-Gloria dijadwalkan tampil dalam ajang Malaysia Masters pada 17–22 Januari 2017, yang bakal menjadi turnamen resmi perdana bagi keduanya.

Owi dan Butet bukan satu-satunya pasangan yang “diceraikan” oleh PBSI. Sebelumnya, pemisahan pasangan juga terjadi di sektor ganda putra, Mohammad Ahsan berpisah dengan Hendra Setiawan usai Olimpiade Rio 2016 lalu.

Ganyang Malaysia, Rehan/Lisa Tatap Wakil Korsel di Semifinal German Open 2024

Rian Agung Saputro yang semula berduet dengan Berry Angriawan, kini dia dipastikan berpasangan dengan Ahsan yang tak punya teman duet, menyusul keputusan Hendra Setiawan mundur dari Pelatnas.

Pasangan Ahsan/Rian sudah dijajal turun pada beberapa turnamen. Hasilnya cukup lumayan, salah satunya saat keduanya menembus babak semifinal Hong Kong Open Superseries 2016.

Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Hari Kedua Thailand Masters 2024

'Perceraian massal' ini bukan tanpa tujuan. Susy Susanti,yang menjabat Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres), memberikan penjelasan.

"Ya, memang, semua keputusan memasangkan atlet ada di tangan pelatih. Tetapi, langkah ini diharapkan bisa memberikan dampak positif," ujar Susy, Rabu 4 Januari 2017.

"Dulu Butet (sapaan Liliyana Natsir) yang 'menuntun' Owi. Nah, sekarang giliran Owi yang 'menuntun' juniornya. Begitu pun dengan Ahsan. Bongkar pasang ini diharapkan bisa meningkatkan level pemain secara merata dengan berbagi pengalaman," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya