Ini Kriteria Penilaian Seleksi untuk Masuk Pelatnas Cipayung

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Terpilihnya 89 pebulutangkis yang masuk dalam skuat Pelatnas Cipayung tahun 2017, menjadi salah satu program kerja awal dari kepengurusan PP PBSI 2016-2020. Berbekal deretan nama tersebut, ke depannya diharapkan akan terbentuknya tim bulutangkis Indonesia yang mampu berkiprah lebih baik dalam menorehkan prestasi bergengsi di level dunia.

Terungkap, Alasan PBSI Tunjuk Fadia jadi Tandem Baru Apriyani

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti mengatakan, masih terdapat beberapa kuota atlet yang belum terisi. PBSI akan mengadakan seleksi melalui program magang untuk mengisi kuota penghuni Pelatnas yang tersisa.

“Para atlet yang terpilih ini akan dipantau selama satu tahun, untuk menentukan promosi dan degradasi. Beberapa kuota Pelatnas masih belum terisi. Kami akan membuka kesempatan para atlet untuk masuk ke Pelatnas, dengan seleksi melalui program magang. Dari situ akan dipilih mana yang memang bisa masuk Pelatnas,” kata Susy, dilansir Badminton Indonesia.

Duh, Indonesia Terpaksa Kurangi Wakilnya di German Open 2022

Namun, seperti apa sebenarnya kriteria penilaian dan syarat yang harus dipenuhi seorang pebulutangkis untuk bisa menembus ketatnya persaingan untuk menjadi bagian dari penggawa Pelatnas Cipayung? PBSI pun kini coba menjelaskan hal tersebut kepada publik.

Pada tahun ini, dalam menentukan pemilihan atlet utama dan pratama akan mengguna kuota Pelatnas PBSI. Binpres PBSI telah melakukan penilaian mendalam terhadap masing masing atlet dengan parameter sebagai berikut, dikutip dari akun Instagram resmi PP PBSI:

Kesempatan Praveen/Melati Buktikan Diri di All England 2022

1. Memiliki kompetensi dan catatan prestasi
2. Memiliki bakat dan potensi yang besar
3. Memiliki motivasi dan semangat yg tinggi
4. Memiliki disiplin dan kualitas latihan yang bagus
5. Memiliki validitas usia untuk tujuan pencapaian golden age atlet

Berdasarkan parameter tersebut, selanjutnya akan ada tahap diskusi antara kepala pelatih, pelatih, dan asisten pelatih masing-masing sektor dan pihak-pihak terkait lainnya untuk memutuskan siapa saja nama nama atlet yang layak masuk skuat Pelatnas PBSI. (asp)

Pendukung pemain bulutangkis Indonesia di Istora Senayan

Penonton Berpotensi Hadir di Indonesia Open dan Masters, Ini Kata PBSI

PP PBSI bersiap menyambut kembalinya penonton di dalam pertandingan bulutangkis. Rencananya, Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022 pada Juni mendatang.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022