12 Atlet PON 2016 Terjerat Doping, Bonus dan Medali Ditarik

Kontingen Jawa Barat saat pembukaan PON XIX/2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Sebanyak 12 atlet Pekan Olaharaga Nasional (PON) XIX 2016 dan dua atlet Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XV 2016 diberikan sanksi imbas dari penggunaan doping.

Eks Gubernur Aher Kasih Izin Lahan PTPN untuk Markas FPI, Cek Faktanya

12 atlet PON yang disanksi itu di antaranya, Roni Romero, I Ketut Gede Arnawa, Rahman Widodo, Kurniawansyah, Zainal, Mualipi, Mheni, Imam Setiawan, Agus WaluyoSafrin Sihombing, Jendri Turangan dan Awang Latiful. Sedangkan dua atlet Peparnas yaitu, Adyos Astan dan Cucu Kurniawan.

"Tindak lanjutnya, sudah keluar sanksi. Yang pertama medalinya dicopot kemudian bonus tidak dibagikan," ungkap Ketua Pengurus Besar (PB) PON dan Peparnas 2016, Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 10 Januari 2017.

Diperiksa KPK, Aher Ngaku Tak Tahu Detail Proyek Meikarta

Untuk pelaksanaan sanksi, menurutnya, diserahkan kepada Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, selaku Dewan Disiplin. "Tunggu hasil terakhir di sana," kata Ketua PB yang akrab disapa Aher itu.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di masing-masing daerah atlet yang terkena sanksi. Diketahui, 12 atlet itu berasal dari kontingen Jawa Barat sebanyak empat atlet, Jawa Tengah tiga orang, Bengkulu satu atlet, Yogyakarta satu atlet, Bangka Belitung satu atlet, Kalimantan Timur satu atlet dan Riau satu atlet.

Aher Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Meikarta

Sedangkan untuk atlet Peparnas, satu atlet Cabang Olahraga atletik dan satu atlet tenis meja yang berasal dari Jawa Barat dan Maluku. 

"Koordinasi dengan KONI soal sanksi. Kemudian saksi keolahragaan dari KONI atau PB. Itu bukan urusan kami lagi," jelasnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Positif COVID-19

Kabar mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan positif COVID-19 disampaikan sang istri melalui akun instagramnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2021