Riwayat Cedera Parah, SM Nyaris Batal Rekrut Pemain Asing

Dua pemain asing Satria Muda Pertamina saat tes medis
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudhi Maulana

VIVA.co.id – Satria Muda Pertamina melakukan tes medis kepada dua pemain asingnya di Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC), Senayan Golf Driving Range, Pintu V Kawasan Gelora Bung Karno, Senin 16 Januari 2017. 

Ditekuk Satria Muda, Pelatih Pelita Jaya Kecewa

Indonesia Basketball League (IBL) musim ini memang mulai akan menggunakan legiun asing. Satu klub diperbolehkan diperkuat oleh dua pemain asing.

Satria Muda memilih dua pemain asing yang yaitu Carlos Charles Smith dan Tyreek Jewel dari sistem drafting beberapa waktu lalu. Keduanya menjadi pilihan utama pelatih SM, Youbel Sondakh, untuk membantu tim menjuarai IBL 2017. 

Format Baru IBL Diharapkan Dongkrak Kualitas Timnas Basket Indonesia

Kendati demikian, sang pemain harus melewati serangkaian tes lebih dulu. General Manager Satria Muda, Rizka Amalia, mengatakan bahwa tes tersebut dilakukan demi mengetahui kesehatan dua pemain asingnya sebelum mengarungi musim baru. 

"Hari ini ada dua pemain asing yang melakukan tes kesehatan. Kami ingin mengetahui mengenai stamina, dan kesehatan pemain tersebut sebelum memulai musim baru. Kami ingin memastikan kedua pemain ini dalam keadaan fit," kata Rizka, ketika dijumpai di ISMC, Kawasan Gelora Bung Karno. 

Satria Muda Gagal Raih Three Peat, Arki Dikania Wisnu: Salah Saya!

Saat menjelang melakukan tes medis, dokter spesialis olahraga, Andy Kurniawan, awalnya cukup khawatir. Sebab, kedua pemain ini memiliki riwayat cedera di bagian krusial, seperti engkel dan lutut.  

"Kami melakukan pemeriksaan, apakah dua pemain ini pernah memiliki cedera atau tidak. Dan hasilnya, mereka memilikinya, namun sudah lama terjadi di tim lamanya,” kata Andy. 

Sebelumnya, Andy kedua pemain sempat bermasalah dengan cedera engkel dan lutut, meski sudah tidak lagi dipermasalahkan. “Mantan klubnya sudah menanganinya dengan baik," kata Andy. 

"Menurut saya, kategori dua pemain ini sudah layak menjadi pebasket. Otot mereka cukup baik dibandingkan pemain-pemain lokal," tutur dia. 

Seri pertama IBL akan digelar mulai 20 Januari 2017 di GOR Kertajaya, Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya