Tampil di Turnamen Panahan, Presiden Jokowi Berniat Ikut PON

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Ada hobi baru yang tengah ditekuni Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, belakangan ini yaitu memanah. Bahkan, ia berniat untuk menjadi peserta dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Hobi Jokowi ini memang sudah terlihat dalam beberapa video yang diunggah oleh putranya, Kaesang Pangarep, di situs Youtube. Tapi, orang nomor satu di Indonesia itu sepertinya mulai serius.

"Usai latihan memanah di depan Istana Bogor, beberapa hari yang lalu, beliau katanya ingin menjadi atlet PON yang akan datang di cabang olahraga panahan," ungkap Rizal Bangardi, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Panahan Indonesia (Pengcab Perpani), Kota Bogor sekaligus salah satu pelatih Jokowi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ia mengatakan, walaupun Jokowi terbilang pemula dalam panahan, namun kemampuannya terbilang bagus. Buktinya, saat latihan panah yang tepat sasaran sebesar 60 persen. "Beliau mulai latihan dari bulan September 2016 lalu hingga sekarang, latihan setiap hari Sabtu dan Minggu," paparnya.

Ke depannya, Jokowi berencana mengikuti turnamen panahan tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Januari 2017 mendatang. Bukan hanya presiden, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, pun akan mengikuti turnamen tersebut.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Sampai saat ini, jumlah peserta yang akan mengikuti lomba panahan ini sebanyak 640 orang, pesertanya masyarakat umum, atlet dan Menteri Olahraga, Imam Nahrawi," katanya.

Jokowi rencananya akan mengikuti lomba panahan kategori standar bow dengan jarak 20 meter, dengan peserta sebanyak 30 orang.

Menurut Rizal, Presiden Jokowi ingin berlatih memanah karena rumahnya yang berada di daerah Solo dekat lapangan panahan. Sejak itulah beliau berniat ingin menjadi seorang atlet panahan.

"Sebelumnya, kami hanya menyampaikan kepada beliau bahwa kami akan menggelar lomba panahan tingkat Kota Bogor. Namun, respons Jokowi sangat antusias ingin menjadi peserta. Akhirnya, lomba panahan ini menjadi lomba tingkat nasional," paparnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya