Maverick Vinales, Calon Tepat Penerus The Doctor

Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anang Fajar

VIVA.co.id – Nama Maverick Vinales berhasil mencuat di balapan MotoGP musim lalu bersama Suzuki. Ia pun kini telah hijrah ke tim kuat, Yamaha, demi ambisi menjadi juara dunia.

Memulai karier di balapan Grand Prix pada 2011, nama Vinales langsung melesat ke jajaran pembalap papan atas MotoGP setelah menjalani musim debutnya dengan sangat manis pada 2015.

Ia sukses merebut poin dalam 16 balapan dari 18 balapan meski motornya tampil kurang prima. Penampilannya konsisten sehingga menyelesaikan musim di urutan 12 sekaligus memenangkan gelar Rookie of the Year.

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

Penampilan lebih meyakinkan diperlihatkannya pada musim 2016 lalu. Vinales berhasil menjadi juara ketiga di GP Prancis, podium pertamanya di kelas MotoGP. 

Tak hanya podium, Vinales berhasil mencatatkan kemenangan pertamanya di MotoGP saat tampil di Inggris. Gelar juara buat Suzuki dalam nyaris satu dekade. Ia pun finis di posisi empat klasemen akhir pembalap dengan 202 poin.

Berbagi Trek dengan Valentino Rossi, Catatan Waktu Marc Marquez Dirahasiakan

Setelah keputusan Jorge Lorenzo bergabung Ducati, Yamaha berhasil mengamankan Vinales dengan kontrak selama dua tahun ke depan. Vinales pun sah menjadi duet Valentino Rossi di sirkuit.

Memiliki mentor seperti The Doctor, Vinales sudah berani mematok target tinggi. Pembalap kelahiran Figueres, Spanyol, ini tak ragu untuk menyebut dirinya berharap bisa menjadi juara dunia di musim perdananya bersama Yamaha.

"Jelas, saya berharap demikian (menjadi juara dunia). Saya bersama Rossi sekarang, yang sudah membalap bersama selama beberapa tahun, dia pembalap yang cepat dan keras," ujar Vinales dalam jumpa pers di Indonesia hari Minggu, 22 Januari 2017.

Dengan bakat dan guru yang memiliki segudang pengalaman dan gelar juara, Vinales tentu bisa menjadi suksesor Rossi di arena balap MotoGP. Apakah semua berjalan mulus? Kita nantikan saja.

Duo Yamaha ini sendiri akan menjalani tes pramusim pertamanya di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 30 Januari dan 1 Februari 2017 mendatang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya