Mengenang Awal Rivalitas 'Panas' Nadal-Federer

Roger Federer menang atas Rafael Nadal di Australian Open.
Sumber :
  • REUTERS/David Gray

VIVA.co.id – Roger Federer akhirnya keluar sebagai juara Australian Open 2017 usai mengalahkan rivalnya, Rafael Nadal di partai final. Dalam partai yang berlangsung di Rod Laver Arena, Minggu 29 Januari 2017, petenis asal Swiss itu harus bermain lima set sebelum memastikan gelar juara.

Rafael Nadal Dipastikan Absen di Australian Open 2024

Trofi ini menjadi gelar Grand Slam ke-18 dalam karier Federer. Selain itu, dia juga mencatatkan rekor sebagai petenis tertua yang memenangkan Grand Slam di usia 35 tahun 174 hari.

Jauh sebelum partai final Australian Open 2017, rivalitas keduanya sudah sangat dikenal dalam olehraga tenis. Tapi, ingatkah Anda kapan pertama kali kedua petenis ini bertemu?

Kebangkitan Rafael Nadal Usai Absen Setahun

Sejauh ini, Federer dan Nadal sudah 35 kali bertemu di semua ajang. Dan rekor kemenangan lebih dominan untuk petenis asal Spanyol dengan 23 kemenangan berbanding 12 kemenangan untuk Federer.

Jika dirunut, pertemuan pertama mereka terjadi pada babak ketiga Miami Masters 2004. Kala itu, Nadal tampil mengejutkan dengan mengalahkan petenis asal Swiss dua set langsung. Padahal, kala itu Federer sedang berperingkat satu dunia.

Nadal Tandai Comeback di Brisbane

Pertemuan kedua terjadi pada partai final Miami Masters 2005. Kali ini, Federer mampu membalaskan dendam setelah berhasil mengalahkan Nadal setelah melalui lima set.

Kemenangan tersebut terbilang dramatis. Sebab, Federer sempat tertinggal dua set terlebih dulu.

Setelah itu, Nadal selalu berkuasa atas Federer dengan meraih kemenangan di lima pertemuan berikutnya dengan empat di antaranya adalah partai final. Namun, Federer juga memiliki cara yang elegan untuk membalas kekalahannya.

Kala itu, keduanya bertemu di final Wimbledon 2006. Dan Federer berhasil tampil prima dengan merebut kemenangan setelah melewati empat set.

Nadal berhasil membalaskan dendam pada laga final Wimbledon 2008. Pada laga yang disebut-sebut sebagai duel paling sengit dalam sejarah persaingan keduanya, petenis asal Spanyol itu berhasil mengunci kemenangan di set kelima.

Duel tersebut juga tercatat sebagai pertandingan terlama sepanjang perhelatan Wimbledon dengan menghabiskan waktu empat jam 48 menit. Kekalahan di final itu juga menghentikan rekor kemenangan Federer di lapangan rumput di angka 65.

Setelah itu, keduanya selalu saling mengalahkan dalam empat laga final selanjutnya. Dan hingga kini Nadal berhasil lebih dominan. Kini, meski kini usia keduanya sudah memasuki kepala tiga persaingan keduanya masih terus berjalan. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya