BWF Lansir 32 Tim Kontestan Piala Sudirman 2017

Tim Piala Sudirman Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVA.co.id – Insan bulutangkis dunia kembali akan disuguhi oleh pertarungan bergengsi perebutan lambang supremasi beregu campuran Piala Sudirman 2017. Ajang yang dihelat di Gold Coast, Australia ini akan berlangsung pada 21-28 Mei 2017.

Sadis, China Pertahankan Gelar Piala Sudirman Usai Hancurkan Jepang

Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) secara resmi telah menutup pendaftaran tim yang akan berlaga dalam turnamen tersebut pada Senin 2 Januari 2017, seperti yang dilansir situs resmi BWF. Dalam turnamen kali ini, masing-masing tim negara akan terdiri atas maksimal 20 orang pemain.

Juara bertahan pada perhelatan 2015, China, dan runner-up Jepang serta dua tim semifinalis Indonesia dan Korea Selatan adalah skuat yang masih harus diperhitungkan dalam pertarungan kali ini.

Tersingkir dari Piala Sudirman, Praveen/Melati Gagal 'Tebus Dosa'

Tim yang akan menjadi unggulan berdasarkan peringkat dunia pemain mereka, masing-masing baru akan diumumkan pada Kamis 2 Maret mendatang, dan akan dibagi menjadi empat grup. Grup 1 akan diisi oleh 12 tim teratas dan akan bertarung untuk berburu gelar.

Sementara itu, Grup 2 dan 3 akan diisi oleh masing-masing delapan tim. Empat tim yang tersisa akan berada di Grup 4. Tim di Grup 2, 3, dan 4 seluruhnya hanya untuk bersaing menembus grup yang lebih tinggi dan bukan untuk berburu gelar.

Fakta Miris di Balik Lolosnya Jepang ke Final Piala Sudirman 2021

Format kompetisi akan memainkan semua pertandingan terlebih dahulu di babak penyisihan grup atau akan menampilkan semua pertandingan (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran). Tetapi, setelah masuk tahap knock out, pertandingan akan selesai ketika salah satu tim sudah meraih tiga kemenangan.

Pada ajang Piala Sudirman tahun ini, ada 13 tim dari Asia, 10 dari Eropa, 6 dari Oceania, dan 3 dari Pan Am. Sejauh ini baru ada 3 negara yang pernah mencicipi manisnya Piala Sudirman yakni China (10 gelar), Korsel (3 gelar), dan Indonesia (1 gelar).

Berikut 32 tim yang akan berlaga di Sudirman Cup 2017:

Asia: China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Taiwan, Macau

Eropa: Austria, Denmark, Jerman, Belanda, Inggris, Spanyol, Swedia, Skotlandia, Slovakia, Rusia

Oceania: Australia, Tahiti, Selandia Baru, Guam, Fiji, New Caledonia

Pan Am: Kanada, Meksiko, USA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya