Sirkuit MotoGP dan F1 Bakal Dibangun di Sukabumi

Balapan MotoGP.
Sumber :
  • Reuters / Darren Staples

VIVA.co.id – Selain Sirkuit Sentul di Bogor, Indonesia akan segera memiliki arena balap bertaraf internasional lain. Sukabumi, akan menjadi lokasinya.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Harapan Indonesia memiliki banyak sirkuit bertaraf internasional segera terwujud. Setelah pembangunan sirkuit di Palembang, Sumatera Selatan dan rencana di Lombok, Nusa Tenggara Timur, Sukabumi, Jawa Barat akan bisa menggelar balapan Formula 1 (F1) dan MotoGP.

"Tepatnya di Lido (Sukabumi). Jadi dari Grup MNC sudah bersurat ke kami soal rencana pembangunan itu. Tapi, isi suratnya hanya soal permohonan izin terkait aspek penyelenggaraan kegiatan olahraga," kata Deputi IV Bidang Pembinaan dan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewabroto.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Menurut Gatot, pihaknya tidak ada masalah dengan rencana itu. Hanya saja, Kemenpora akan memberikan catatan bahwa pengembang nantinya harus memenuhi persyaratan. Yang titik beratnya adalah soal tanah untuk lokasi pembangunan bukan tanah sengketa dan juga memenuhi ketentuan soal AMDAL dan tata ruang serta ter organisasi dengan Federasi Balap Motor Dunia.

"Kami tidak mengetahui soal berapa biaya dan siapa pengembangnya. Belum tahu juga kapan rencana itu direalisasikan. Saya pikir mereka (Grup MNC) sudah tahu konsekuensi bahwa seluruh biaya ditanggung sendiri," ujar Gatot.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Di sisi lain, untuk pembangunan sirkuit di Palembang, Gatot menyatakan bahwa belum ada sema sekali komunikasi resmi dari Pemprov Sumsel. Tapi, dari bincang-bincang informal dengan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, diketahui bahwa pembangunan masih berlangsung.

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Pramac Racing habis masa kontraknya sebagai tim satelit Ducati di akhir musim MotoGP 2024. Kabarnya, mereka siap tinggalkan Ducati dan bakal gabung Yamaha di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024