TUTUP
TUTUP
SPORT

Sirkuit MotoGP dan F1 Bakal Dibangun di Sukabumi

Kemenpora sudah menerima surat dari pihak pembangun, Grup MNC.
Sirkuit MotoGP dan F1 Bakal Dibangun di Sukabumi
Balapan MotoGP. (Reuters / Darren Staples)

VIVA.co.id – Selain Sirkuit Sentul di Bogor, Indonesia akan segera memiliki arena balap bertaraf internasional lain. Sukabumi, akan menjadi lokasinya.

Harapan Indonesia memiliki banyak sirkuit bertaraf internasional segera terwujud. Setelah pembangunan sirkuit di Palembang, Sumatera Selatan dan rencana di Lombok, Nusa Tenggara Timur, Sukabumi, Jawa Barat akan bisa menggelar balapan Formula 1 (F1) dan MotoGP.

"Tepatnya di Lido (Sukabumi). Jadi dari Grup MNC sudah bersurat ke kami soal rencana pembangunan itu. Tapi, isi suratnya hanya soal permohonan izin terkait aspek penyelenggaraan kegiatan olahraga," kata Deputi IV Bidang Pembinaan dan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewabroto.

Menurut Gatot, pihaknya tidak ada masalah dengan rencana itu. Hanya saja, Kemenpora akan memberikan catatan bahwa pengembang nantinya harus memenuhi persyaratan. Yang titik beratnya adalah soal tanah untuk lokasi pembangunan bukan tanah sengketa dan juga memenuhi ketentuan soal AMDAL dan tata ruang serta ter organisasi dengan Federasi Balap Motor Dunia.

"Kami tidak mengetahui soal berapa biaya dan siapa pengembangnya. Belum tahu juga kapan rencana itu direalisasikan. Saya pikir mereka (Grup MNC) sudah tahu konsekuensi bahwa seluruh biaya ditanggung sendiri," ujar Gatot.

Di sisi lain, untuk pembangunan sirkuit di Palembang, Gatot menyatakan bahwa belum ada sema sekali komunikasi resmi dari Pemprov Sumsel. Tapi, dari bincang-bincang informal dengan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, diketahui bahwa pembangunan masih berlangsung.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP