Persiapan Indonesia Gelar Asian Games 2018 Tuai Pujian

Presiden OCA, Sheikh Fahad Al-Ahmed Al Sabah
Sumber :

VIVA.co.id – Komite Olimpiade Asia (OCA) memberikan apresiasi pada persiapan Indonesia menggelar Asian Games 2018, dalam Executive Board Meeting OCA ke-69 di Hotel Grand Sapporo, Jepang, Minggu, 19 Februari 2017.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dalam pertemuan yang dipimpin Presiden OCA, Sheikh Fahad Al-Ahmed Al Sabah, itu pihaknya mengapresiasi kemajuan signifikan yang dilakukan Indonesia sejak pertemuan Executive Board ke 68 di Da Nang, Vietnam, September 2016.

OCA memang fokus memantau persiapan Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di Jakarta sejak Desember lalu, untuk memudahkan koordinasi dan asistensi terhadap kesiapan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

“Kami memantau persiapan dan kemajuan yang dilakukan Indonesia. Baik secara teknis maupun nonteknis, terutama sejak OCA membuka kantor perwakilan khusus OCA di Jakarta, Desember lalu," ujar Sheikh Fahad Al Ahmed kepada delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden INASGOC, Erick Thohir.

"Saya mendengar hal-hal yang positif. Oleh karena ini, saya mengapresiasi pemerintah Indonesia, INASGOC, dan juga ketua coordination committee atas usaha untuk memperlancar Asian Games 2018,” tambahnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Menurut Erick Thohir, peserta executive board meeting terpuaskan dengan presentasi yang disampaikan Indonesia. Tak hanya soal progres fisik, tapi juga konsep look for the games yang melibatkan Kementerian BUMN dan marketing the games dengan memanfaatkan dukungan digitalisasi teknologi.

“Hal ini baru pertama kali dilakukan di Asian Games, sehingga presentasi tadi memuaskan peserta executive board. Pihak OCA sendiri puas akan upaya pemerintah Indonesia yang mengupayakan akan persiapan Asian Games berjalan maksimal," ujar Erick.

Delegasi Indonesia yang hadir di Sapporo terdiri dari Wakil Presiden INASGOC, Gatot D Dewabroto, Deputi  I INASGOC/Games Operations, Raja Parlindungan Pane, Deputi II INASGOC/Games Administration, Francis Wanandi, Plt Sekjen INASGOC, Harry Warganegara, Direktur Marketing INASGOC, Helen Sarita de Lima, dan Wakil Bendahara Umum KOI, Adinda Yunita.

Coordination Committee Meeting ke-6 rencananya akan berlangsung di Palembang dan Jakarta, 5-6 Maret 2017 mendatang, dan akan menjadi pertemuan krusial karena pihak OCA akan kembali menanyakan soal cashflow. Meskipun pihak OCA sudah bertemu langsung dengan perwakilan pemerintah yang terkait hal itu.

“Soal anggaran Rp4,1 triliun untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan angka yang masuk akal, sehingga tidak jauh dibandingkan penyelenggaraan ajang serupa lainnya,” tutur Erick. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya