Ini Target Atlet Renang Indonesia di Singapura

Para atlet renang untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hendra Saputra

VIVA.co.id – Tim renang Indonesia tengah bersiap menghadapi Singapore Open pada awal Maret 2017 mendatang. Sejumlah persiapan dilakukan di antaranya melakukan uji kecepatan di Kolam Renang Tirta Arum, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Jumat, 24 Februari 2017..

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Pelatih Tim Renang Indonesia, David Armandoni, menjelaskan, pada uji tes hari ini, ia ingin melihat perkembangan para atlet setelah enam bulan mendapat porsi latihan yang cukup berat.

"Hari ini time trial ingin melihat perkembangan mereka. Sudah enam minggu kami berlatih berat. Ada yang terlihat capek, tapi ada juga yang stabil, tetap cepat," ujarnya, Jumat 24 Februari 2017.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

Dalam dua minggu ke depan, David menyebut tim renang Indonesia akan mengikuti Singapore Open yang juga merupakan babak kualifikasi untuk SEA Games 2017. Ia ingin atlet renang Indonesia tampil maksimal di kejuaraan tersebut.

"Dua minggu lagi ada kejuaraan Singapore Open. Itu adalah kualifikasi untuk SEA Games. Di Singapura semua harus cepat, kuat, dengan waktu yang baik, menciptakan waktu yang bagus, lebih bagus dari torehan prestasi waktu dia di tingkat nasional," harap David.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Dari uji waktu ini, David mengakui ada beberapa yang tampil baik, namun tak sedikit juga yang tampil buruk. "Hasilnya ada yang bagus sekali, ada yang jelek karena capek. Ada juga yang tanpa motivasi karena menganggap time trial ini bukan kompetisi. Tidak sama dengan level kompetisi," paparnya.

Ia sendiri berharap ada kompetisi untuk atlet renang Indonesia untuk menjaga motivasi mereka yang akan tampil di kejuaraan tingkat internasional. "Maka sebetulnya harus ada kompetisi, seri, itu motivasi bagus buat mereka. Kalau time trial agak sedikit susah. Tapi perkembangan mereka setelah latihan berat enam minggu cukup bagus. Tinggal sekarang kita melihat mereka berlaga di kejuaraan Singapore Open," ulasnya.

"Yang bagus sebut saja Fadlan, di nomor 200 meter dia turun 2 detik dari best time dia sendiri. Ada juga Reza Kania Dewi untuk nomor 200 meter. Tapi, ada beberapa yang mengalami penurunan seperti Azzahra yang motivasinya memang kurang untuk kompetisi ini. Dia ingin menghadapi real competition," tambah David.

Pada kejuaraan Singapore Open, David tak menampik memiliki beberapa target. Meski menginginkan target medali, namun baginya yang terpenting adalah target catatan waktu yang mampu diubah masing-masing atlet di setiap nomor. Tentu saja, perubahan waktu itu berkaitan dengan kualifikasi SEA Games dan beberapa kejuaraan lainnya yang akan dihadapi atlet renang Indonesia.

"Target di Singapore Open adalah mengalahkan rekor nasional mereka atau mendekati itu. Kita harus masuk final, harus dapat medali, tapi medali bukan target. Target kita waktu. Waktu harus dipecahkan untuk kualifikasi SEA Games dan juga World Championship di Budafpest pada Juli mendatang. Itu harapan besar kita," demikian David. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya