Tari Tradisional Bali Bisa Jadi Senjata Timnas Renang Indah

Tim nasional renang indah Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Timnas renang indah Indonesia tengah melakukan persiapan jelang SEA Games 2017, Malaysia. Sejumlah materi diberikan tim pelatih agar Timnas renang indah memiliki variasi gerakan yang menawan dan cantik.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

Dari sekian banyak gerakan, ternyata tim pelatih juga mengadopsi tarian tradisional. Gerakan tari kecak menjadi salah satu yang diajarkan ke Timnas renang indah.

Staf pelatih dari Komisi Teknik PB PRSI, Ragil Sugirestu mengatakan, ide ini muncul dari sang juru racik Timnas renang indah, Anna Nasekina. Anna, disebut Ragil, telah mengenal tari kecak.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Anna terkesan dengan keindahan tari kecak. Dan, wanita cantik asal Rusia tersebut ingin menerapkan gerakan tari kecak pada koreografi di renang indah.

"Jadi, latihan renang indah dengan mengambil gerakan utama dari tarian Bali. Sebab, Anna mengenal Bali, sebelum masuk Indonesia. Dia terkesan dan dicoba diterapkan dalam gerakan renang indah," kata Ragil.

Jatim Borong 2 Emas Renang Perairan Terbuka BK PON 2024

Tak cuma mengombinasikan gerakan renang indah dengan tari tradisional. Anna juga ingin mencampur musik etnik Sunda dan Bali demi mengiringi Timnas renang indah.

"Demi memadukan lagu dengan etnik Bali maka gerakan untuk renang indah hanya diambil gerakan yang merupakan ciri khas tari Bali dan diaplikasikan ke kolam renang," terang Ragil. (mus)

Ketua Umum Federasi Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Akuatik Indonesia resmi berganti nama menjadi Federasi Akuatik Indonesia. Perubahan ini disahkan dalam Musyawarah Khusus atau Munasus 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024