JK Instruksikan Cabang Olahraga Asian Games 2018 Dipangkas

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memangkas jumlah cabang olahraga di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Hal itu dilakukan agar tidak melebihi jumlah pertandingan di Asian Games 2014 Incheon lalu.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

JK memberi instruksi tersebut karena kini didapuk sebagai Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018 oleh Presiden Joko Widodo. Dia datang langsung ke kantor Kemenpora bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Rabu 15 Maret 2017.

"Pak Wapres selaku pengarah meminta kepada INASGOC dan Kemenpora untuk betul-betul melaksanakan prinsip efisiensi, baik dalam penyelenggaraan maupun persiapan prestasi," tutur Menpora Imam Nahrawi kepada wartawan usai pertemuan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Pak Wapres ingin agar tidak melampaui Asian Games di Incheon, maksimal 37 cabang olahraga. Itu harus kami laksanakan, karena ketua panitia pengarah sudah mengharuskannya," imbuhnya.

Sebelumnya, Indonesia telah melakukan koordinasi dengan Dewan Olimpiadi Asia (OCA). Dari sana ditentukan pada Asian Games 2018 mendatang akan dipertandingan 42 cabang olahraga. Dan kini, tugas Menpora adalah melakukan penawaran ulang.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Kami akan lakukan komunikasi kembali dengan OCA, bahwa Indonesia tidak siap untuk melaksanakan kegiatan pada 42 cabang olahraga. Cabang Olahraga apa saja yang akan kami usulkan kepada OCA," ungkapnya.

Akan tetapi, Imam belum bisa memastikan cabang olahraga apa saja yang akan coba dikurangi. Yang jelas, berbagai pihak harus diajak berkumpul untuk merumuskan yang terbaik bagi Indonesia di ajang empat tahunan tersebut nanti. (ren)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024