11 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Qatar

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales
Sumber :
  • motogp.com

VIVA.co.id - Gelaran balap motor MotoGP akan kembali beraksi. Para pembalap akan melakoni seri pembuka musim 2017 ini, di Qatar pada Senin besok, 27 Maret 2017, pukul 01.00 dini hari WIB.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Balapan akan berlangsung di Losail International Circuit, sebuah sirkuit dengan panjang 5,4 kilometer. Para pembalap MotoGP akan melakoni balapan dengan 22 putaran, atau setara dengan 118,4 kilometer.

Pada seri ini, Valentino Rossi menjadi pembalap dengan raih kemenangan terbanyak di ajang MotoGP. Pembalap Movistar Yamaha tersebut, sudah mengemas empat kemenangan.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Tetapi, Rossi sepertinya akan sulit meraih kemenangan kelimanya, karena bakal start dari posisi ke-10. Sedangkan pole position diraih oleh rekan setimnya, Maverick Vinales.

Posisi start diambil dari akumulasi latihan bebas, sebab hujan deras membuat sesi kualifikasi dibatalkan. Sebelumnya, menyaksikan sesi balapan, simak beberapa fakta menarik dari MotoGP Qatar, yang dilansir situs resmi MotoGP.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Berikut, fakta-fakta menarik MotoGP Qatar:

1. Ini menjadi musim ke-11 bagi Sirkuit Losail sejak 2007-2017, menjadi penyelenggara seri pembuka MotoGP.

2. Bulan ini, Qatar tengah mengalami musim penghujan dengan total 16,1 mililiter curah hujan. Hujan masih akan mengguyur sebagian wilayah termasuk Sirkuit Losail.

3. GP Qatar pernah menyelenggarakan balapan MotoGP pada siang hari selama empat tahun (2004-2007). Di mana, suhu trek rata-rata 45,5 Celcius.

4. Balapan malam pertama digelar pada 9 Maret 2008. Sejak itu, lebih dari 40 generator telah digunakan untuk menyediakan listrik yang akan dialirkan kepada 3600 lampu sorot.

5. Sebanyak 77,5 persen dari masyarakat Qatar adalah Muslim. Alhasil tak ada perayaan dengan alkohol di atas podium.


6. Yamaha merupakan tim pabrikan tersukses di kelas MotoGP, selama tampil di sirkuit Losail. Yakni, tujuh kemenangan, termasuk empat kali dalam lima tahun terakhir.

7. Honda sudah mencatatkan tiga kemenangan MotoGP di Qatar. Yang terakhir dicapai pada 2014, oleh Marc Marquez (Tim Repsol Honda).

8. Ducati pernah menang di Losail selama tiga tahun beruntun, 2007 sampai 2009, lewat Casey Stoner.

9. Pembalap dengan kemenangan grand prix terbanyak di Losail adalah Jorge Lorenzo. Pembalap Ducati itu mengemas enam kemenangan (tiga kali MotoGP, dua kali 250cc, dan satu kali 125cc).

10. Andai meraih podium, Valentino Rossi yang kini berusia 38 tahun akan menjadi pembalap tertua yang meraih podium di kelas MotoGP. Terakhir, yang meraih di kelas utama adalah Jack Findlay pada 1977 di GP Austria.

11. Maverick Vinales berpeluang menjadi pembalap keempat dalam sejarah grand prix yang memenangi balapan di kelas utama bersama dua tim pabrikan berbeda (Suzuki dan Yamaha). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya