Lika-liku 'Drama' MotoGP Qatar nan Menegangkan

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales
Sumber :
  • crash.net

VIVA.co.id – MotoGP 2017 dibuka dengan penuh drama. Pada seri perdana di Qatar, pagelaran bergengsi ini menemui sejumlah kendala sekaligus melahirkan beberapa cerita menarik.

Masalah Pengereman Ganggu Pembalap Pertamina Enduro VR46 di MotoGP Qatar

Dimulai dengan ditiadakan sesi kualifikasi. Keputusan itu diambil setelah race director melihat cuaca buruk, hujan dan badai, yang mengguyur sirkuit Losail.

Untuk penentuan start, kemudian diputuskan dengan menggunakan poin pada tiga sesi latihan bebas. Maverick Vinales pun didapuk meraih pole position.

Francesco Bagnaia Juara MotoGP Qatar 2024, Berikut Hasil Lengkap Balapan

Pada hari H balapan, hal yang ditakutkan banyak pihak terjadi. Cuaca buruk kembali menganggu. Angin kencang membuat start terpaksa ditunda 40 menit lebih. Selain itu, juga dilakukan pemotongan jarak, menjadi 20 lap dari awalnya 22.

Di awal balapan, pembalap Tech 3 sekaligus juara bertahan Moto2, Johann Zarco membuat kejutan. Dia berhasil merangsek memimpin lomba.

Senyum Merekah di Bibir Marc Marquez

Sayang, diia cuma bertahan enam lap. Zarco tiba-tiba mengalami slip dan terjatuh hingga tidak bisa melanjutkan.

Andrea Iannone dari Suzuki juga sempat membuat pembalap top macam Marc Marquez serta Valentino Rossi kelimpungan. Dia masuk jajaran tiga besar. Tapi di lap 11, eks pembalap Ducati itu tergelincir ke gravel.

Lomba lalu menjadi milik debutan Yamaha, Vinales, Dovizioso, Marquez dan Rossi. Mereka berempat saling berpacu di tengah lomba.

Secara perlahan Marquez tergusur. Juara bertahan dari Honda itu tidak mampu menyaingi kecepatan duo Yamaha serta Ducati, sehingga harus tercecer di posisi empat sampai aris finish.

Lomba tersisa 8 lap, pertarungan sengit antara Vinales dan Dovi terjadi. Mereka bergantian saling menyalip. Sedangkan Rossi hanya bisa setia membayangi dari posisi tiga.

Dengan skill yang dimiliki serta dukungan motor, Vinales akhirnya bisa merebut podium puncak. Sedangkan Dovi hanya bisa meraih posisi dua.


Pembalap Yamaha, Maverick Vinales, berhasil keluar sebagai juara di seri pembuka MotoGP musim 2017 di GP Qatar semalam. Valentino Rossi juga naik podium. Saksikan highlight balapan di Losail dalam video VIVA Terkini.

{{

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya