Jelang Asian Games 2018, Sinergi INASGOC-OCA Makin Intens

Wapres, Jusuf Kallas dalam Rapat Persiapan Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – 17 bulan jelang pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, kerja sama antara Dewan Olimpiade Asia (OCA) dengan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) semakin intens. Hal itu terlihat dalam OCA Protocol Coordination Meeting yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Rapat yang sedianya digelar sehari setelah pelaksanaan OCA Coordination Committee Meeting VI (Coorcom), pada 7 Maret lalu mengalami penjadwalan ulang karena menyesuaikan waktu dengan lembaga-lembaga terkait di Pemerintahan Indonesia, seperti Sekretariat Negara, Kementerian Luar negeri, Mabes POLRI,  Sekretariat Negara, PPK GBK, PU PERA,  Pasukan Pengamanan Presiden dan pihak-pihak lain yang terkait.

"Tujuan dari OCA Protocol Coordination Meeting ini adalah menyamakan visi atas segala hal yang berhubungan dengan protokoler. Hasil dari pertemuan ini akan ada satu kesepakatan saat Asian Games 2018 berlangsung yang mengatur protokoler karena selain menghadirkan Presiden RI saat upacara pembukaan, juga akan dihadiri Presiden OCA dan beberapa kepala negara atau pimpinan tertinggi," ujar Plt Sekjen INASGOC, Harry Warganegara, melalui keterangan tertulis.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Rapat yang berlangsung setengah hari ini ini dihadiri perwakilan dari OCA , yakni Abdulla Al Mulla sebagai OCA Protocol Director dan Abdulhadi Mohammed (OCA Protocol Officer). Sementara dari tuan rumah akan dihadiri Plt Sekjen INASGOC, serta Deputi I Games Operations, Deputi II Games Administrations, Deputi III, Games Supports, dan Deputi IV Security.

Ketentuan untuk menggelar OCA Protocol Coordination Meeting ini termuat dalam Host City Contract (HCC) dan OCA Constitution & Rules sehingga saat pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018 nanti, segala hal protokoler untuk mengatur pejabat negara tuan rumah, OCA, dan juga tamu negara akan menggunakan sports protocol OCA ketimbang protokoler yang biasa diterapkan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Tak Ada Peran LADI di Asian Games 2018

"Hal ini harus dibahas dan dipahami supaya antara panitia pelaksana, OCA, dan juga lembaga terkait di Indonesia yang berurusan dengan protokoler punya persepsi penggunaan sports protocol yang sama dan benar sesuai dengan arahan OCA dan HCC maupun OCA Constitution and Rules. Misalnya, yang paling krusial adalah mengatur posisi duduk Presiden OCA yang harus tepat berada di sebelah kanan Presiden Indonesia saat upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 nanti," ujar Harry menambahkan.

Tindak lanjut dari hasil rapat ini setiap departemen yang ada di INASGOC akan menyiapkan pengaturan protokoler untuk VIP/VVIP yang sesuai arahan sports protocol OCA, termasuk juga pengaturan posisi duduk para pejabat negara dan OCA saat upacara pembukaan serta penutupan Asian Games 2018. (mus)

Tim taekwondo putra Indonesia

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Mantan Ketua Harian Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Zulkifli Tanjung melempar kritik untuk pelaksanaan Musyawarah Nasional PBTI. Dia berbicara karena gerah.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023