Kabut dan Cuaca Buruk Buat FP2 F1 GP China Batal Digelar

Balapan Formula One (F1)
Sumber :
  • Twitter/@GP F1RST

VIVA.co.id – Setelah menunggu selama kurang lebih satu jam, race director atau pengawas balap Formula One (F1), Charlie Whiting, akhirnya memutuskan untuk membatalkan jalannya sesi latihan bebas kedua. Itu lantaran cuaca buruk dan kabut tebal yang terus membayangi Sirkuit Shanghai.

Dampak Virus Corona, Sirkuit Mematikan Mau Gantikan China Gelar GP F1

Keadaan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak latihan bebas pertama dimulai. Namun, beberapa jam sebelumnya para pembalap masih bisa menjalani latihan bebas, meski tak semuanya ambil bagian.

Sebenarnya, kondisi cuaca sedikit membaik jelang latihan bebas kedua dimulai. Namun, helikopter medis tetap tak bisa mengudara. Awan rendah membuat visibilitas buruk sehingga helikopter medis tak akan bisa mendarat di rumah sakit di pusat kota Shanghai.

F1 Tunda GP China, Dampak Virus Corona

Untuk itu, race director pun tak mau mengambil risiko dan memilih untuk membatalkan sesi latihan bebas kedua.

"Dalam keadaan seperti ini, helikopter tetap tak bisa mendarat di rumah sakit yang berjarak 38 kilometer. Saya tahu di sini terlihat wajar dan ada helikopter yang terbang di sini tetapi mereka tetap tak bisa mendarat di bandar udara yang ada di pusat kota Shanghai," ujar Charlie Whiting seperti dikutip Crash.

Duo Mercedes Rajai Podium di F1 GP China

"Kami mendapat kabar dari bandar udara yang juga terkena pengaruh dari rendahnya awan. Kami mendapat kabar terbaru setiap 10 menit dan kami selalu menjaga komunikasi," katanya.

Dengan adanya keputusan ini, berarti kegiatan para pembalap F1 hari ini dinyatakan selesai lebih awal. Mereka akan kembali melakukan latihan bebas pada Sabtu, 8 April 2017.

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen juara dunia F1

F1 GP China Dibatalkan untuk Kali Keempat Secara Beruntun

Formula 1 membatalkan F1 GP China untuk keempat kalinya secara berturut-turut karena masalah COVID 19 di negara tersebut yang tak kunjung usai.

img_title
VIVA.co.id
3 Desember 2022