Angka-angka Menarik Jelang Balapan F1 GP Bahrain

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id - Ajang balapan Formula 1, atau F1 akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Kali ini, balapan akan berlangsung di Bahrain. Adu kecepatan jet darat pada seri ketiga ini dihelat pada Minggu 16 April 2017.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Sesi balapan akan berlangsung di Bahrain International Circuit. Nantinya, para pembalap akan melakoni balapan sebanyak 57 lap, atau setara 308.238 kilometer pada sirkuit yang pertama kali menggelar F1 pada 2004 ini.

Untuk seri kali ini, Mercedes dan Ferrari masih menjadi favorit dalam meraih podium. Mercedes lewat Lewis Hamilton, dan kubu si Kuda Jingkrak diwakili Sebastian Vettel.

Karena Bulan Puasa, Jadwal F1 2024 Alami Perubahan

Vettel saat ini, masih memuncaki klasemen sementara pembalap dengan 43, disusul Hamilton dengan jumlah poin yang sama. Sebelum menyaksikan aksi para pembalap F1, kita simak beberapa angka menarik yang dilansir situs resmi F1.

Berikut, F1 GP Bahrain dalam Angka:

Ferrari Masih Yakin Kalahkan Red Bull di F1 2023

2017 - Ini menjadi tahun keempat GP Bahrain dihelat pada malam hari, setelah sembilan balapan pertama di sirkuit ini digelar siang hari.

1:31.447 - Ini adalah rekor lap di Bahrain International Circuit yang dicatatkan Pedro de la Rosa musim 2005. De la Rosa mendapatkan catatan waktu ini dari 104 kesempatan membalap.

8 - Jumlah pembalap yang sudah merebut pole position di GP Bahrain. Beberapa pebalap yang sudah mendapatkan lebih dari satu pole adalah Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Michael Schumacher.

57 - Jumlah lap untuk balapan di Bahrain. Pada 2010, jumlah lap seri Bahrain, berkurang menjadi hanya 49, itu terjadi karena race menggunakan layout lintasan yang berbeda yang memiliki panjang lintasan 6,2.

7 - Sudah tujuh tahun berlalu sejak Fernando Alonso meraih kemenangan ketiganya di Bahrain. Dengan tiga gelar juara, Alonso masih menjadi pembalap tersukses di Bahrain.

4 - Angka kemenangan Ferrari di Bahrain, yang jumlahnya dua kali lipat dibanding Red Bull, Renault, dan Mercedes. Tim pabrikan asal Italia ini tercatat 10 kali naik podium di Bahrain, yang terakhir mereka dapat tahun lalu setelah Kimi Raikkonen finis kedua.

8 - Kimi Raikkonen adalah pembalap dengan jumlah podium terbanyak di Bahrain, dengan meraih delapan kali podium. Musim lalu, Raikkonen finis di posisi kedua.

1,085 - Lewis Hamilton mengalahkan Nico Rosberg dengan selisih waktu hanya 1,085 detik di musim 2015 lalu. Sepanjang sejarah balapan di Bahrain, ini merupakan jarak paling kecil antara juara dan runner up.

0,027 - Jarak dalam detik antara Robert Kubica dengan Felipe Massa di sesi kualifikasi musim 2008. Itu menjadi satu-satunya pole position yang didapat Kubica, sekaligus menjadi margin paling rapat sepanjang sejarah balapan F1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya