Trio Pilar Andalan Merah Putih Absen di Kejuaraan Asia 2017

Pasangan Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Sumber :
  • Twitter/@INABadminton

VIVA.co.id – Tiga ganda andalan Indonesia terpaksa absen pada ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2017. Duet peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tak dapat ambil bagian karena Marcus mengalami cedera punggung sejak tiga hari lalu.

Geger penampakan Kevin Sanjaya di BWF World Tour Finals 2021

Selain itu, sekktor ganda campuran harus kehilangan pilar terbaiknya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini batal tanding karena Liliyana masih dalam pemulihan cedera lutut kanan.

Sementara itu, di ganda putri, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga tak dapat berlaga di turnamen yang berlangsung di Wuhan, China pada 25-30 April mendatang. Anggia yang mengalami cedera hamstring paha kanan dinyatakan tak siap untuk menghadapi kejuaraan ini dan akhirnya memutuskan untuk mundur.

Deretan Fakta Mengerikan Usai Kevin/Marcus Gasak Peraih Emas Olimpiade

“Banyak pemain yang kondisinya tidak seratus persen. Tontowi/Liliyana, harus absen karena Liliyana masih mengalami cedera. Kalau Marcus/Kevin, mereka masih sakit. Sedangkan Anggia/Ketut, Anggia ada masalah cedera hamstring,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti dilansir Badminton Indonesia.

“Kalau kami memberangkatkan atlet, tentunya mau hasil yang terbaik buat mereka. Jangan dipaksakan, jangan mentang-mentang rangking 10 besar dunia, tidak siap tetap berangkat. Mereka akan menjadi incaran lawan-lawannya, tentunya akan memengaruhi kepercayaan diri mereka,” tutur Susy.

Awal Mula Julukan Minions untuk Kevin/Marcus

Meskipun demikian, nomor ganda putra dan ganda campuran tetap menjadi dua nomor andalan Indonesia. Susy menjelaskan, BAC bukanlah target utama, karena para atlet lebih difokuskan ke Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung Mei mendatang.

“Sebetulnya BAC ini turnamen perantara ya, fokusnya lebih ke Piala Sudirman. Kita kan tidak bisa menuntut atlet untuk juara terus di tiap pertandingan, tetapi sebaiknya sih setiap turnamen ada gelar untuk Indonesia ya, setidaknya satu gelar lah, dari sektor apa pun,” kata Susy.

“Tidak usah disebut, ganda putra dan ganda campuran memang masih jadi andalan hingga saat ini, termasuk di BAC. Kan masih ada Praveen Jordan/Debby Susanto dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Siapa tahu juga ada kejutan dari Jonatan Christie atau tim tunggal putra,” tutur Susy.

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan bertanding di Badminton Asia Championships 2017 :

Tunggal Putra

Jonatan Christie
Ihsan Maulana Mustofa
Anthony Sinisuka Ginting
Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

Dinar Dyah Ayustine
Fitriani
Hanna Ramadini

Ganda Putra

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro

Ganda Putri

Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari
Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta
Nisak Puji Lestari/Meirisa Cindy Sahputri

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Debby Susanto
Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti
Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya