TUTUP
TUTUP
SPORT

10 Catatan Menarik Jelang Balapan MotoGP Amerika

Marquez tampil dominan di seri MotoGP Amerika Serikat.
10 Catatan Menarik Jelang Balapan MotoGP Amerika
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (MotoGP.com)

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu 23 April 2017. Ajang adu balap motor kasta pertama ini akan berlangsung di Amerika Serikat.

Balapan akan digelar di Sirkuit Austin, dengan Marc Marquez tampil dominan di seri ini. Pembalap Repsol Honda tersebut sukses memenangi empat balapan, dan juga empat pole position.

Catatan tersebut menjadi tantangan sendiri bagi sang juara bertahan tersebut. Sebab, Marquez belum mencicipi podium dari dua seri awal yang sudah berlangsung di musim ini.

Duo Movistar, Maverick Vinales dan Valentino Rossi masih menguasai papan klasemen. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan GP Amerika, simak beberapa catatan menarik yang dilansir situs resmi MotoGP.

Berikut catatan menarik di MotoGP Amerika:

1. Ini merupakan tahun kelima beruntun sebuah seri MotoGP dihelat di Sirkuit Austin.

2. Secara keseluruhan sebelum ini sudah ada 29 grand prix yang dilangsungkan di Amerika: Daytona (2 kali), Laguna Seca (15), Indianapolis (8), dan Austin (4).

3. Marc Marquez sudah memenangi seluruh delapan balapan yang ia ikuti pada kelas MotoGP di Amerika: empat kali di Austin, tiga kali di Indianapolis, dan sekali di Laguna Seca pada 2013.

4. Dalam delapan penampilan di MotoGP di Amerika ini, cuma sekali Marquez tak dapat pole - di Laguna Seca pada 2013 ketika ia memulai balapan dari posisi dua di belakang Stefan Bradl.

5. Pembalap aktif di kelas MotoGP yang pernah menang di kelas apa saja di sirkuit-sirkuit Amerika adalah Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Dani Pedrosa (Repsol Honda), Jorge Lorenzo (Ducati), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

6. Tim Ducati selalu punya satu rider naik podium di Austin dalam tiga tahun terakhir. Andrea Dovizioso ketiga pada 2014 dan kedua di 2015, serta Andrea Iannone ketiga tahun lalu.

7. Finis kedua Jorge Lorenzo tahun lalu merupakan hasil terbaik Yamaha di sirkuit Austin sejauh ini.

8. Maverick Viñales finis keempat di Austin tahun lalu, satu posisi lebih baik daripada Aleix Espargaro yang jadi rekan setimnya saat itu. Semenjak grand prix San Marino di 2007, baru kali itu lagi ada dua rider Suzuki yang finis di posisi lima besar.

9. Seluruh 12 podium dalam empat balapan MotoGP sebelum ini di Austin merupakan rider-rider dari Spanyol atau Italia.

10. Pemenang dari tiga balapan terakhir Moto2 di Austin kini tampil di kelas MotoGP: Alex Rins (Suzuki Ecstar), Sam Lowes (Aprilia Racing Team Gresini), dan Maverick Viñales (Movistar Yamaha). Satu rider lain yang memenangi balapan Moto2 di Austin adalah Nico Terol pada 2013. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP