Alasan Direktur Balapan Beri Penalti untuk Rossi

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mendapat penalti pada balapan MotoGP Amerika Serikat, akhir pekan lalu, Minggu  23 April 2017 (Senin dinihari WIB). 

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Austin itu, Rossi secara tak sengaja memotong jalur setelah sempat berserempetan dengan rookie MotoGP, Johann Zarco yang hendak menyalip.

Rossi langsung memotong lintasan, sebelum akhirnya bergabung dengan rival-rival di depan dia. Hingga akhirnya, Rossi sukses finis posisi kedua usai menyalip Dani Pedrosa.

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

Akan tetapi, Rossi diberi hukuman 0,3 detik karena insiden ini. Untungnya, penalti itu tidak sampai memengaruhi hasil yang diperoleh pembalap veteran asal Italia itu.

Apa alasan Direktur Balapan Mike Webb menjatuhkan penalti kepada Rossi? Webb menilai, penalti terpaksa diberikan karena  Rossi mendapat keuntungan dalam insiden itu.  

Berbagi Trek dengan Valentino Rossi, Catatan Waktu Marc Marquez Dirahasiakan

"Kami hanya ingin menghapus keuntungan (yang diraih Rossi). Pembalap tidak boleh mendapat keuntungan saat keluar trek," kata Webb dilansir Crash, Selasa 25 April 2017. 

"Dalam kasus ini, jelas bukan kesalahan Rossi. Tapi dia juga berkewajiban tidak diuntungkan oleh situasi itu. Dan dia jelas mendapat keuntungan karena jaraknya kian dekat dengan Marquez," lanjutnya.

Karena Rossi tidak sengaja melakukannya, maka dia pun hanya mendapat penalti yang ringan. "Kalau ada yang sengaja melakukannya dan mendapat keuntungan, maka penaltinya akan lebih banyak," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya