12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Spanyol

Johann Zarco (kiri) berada di belakang Valentino Rossi
Sumber :
  • crash.net

VIVA.co.id - Balapan MotoGP akan kembali berlangsung pada akhir pekan ini, pada Minggu 7 Mei 2017. Ajang balapan motor kasta pertama ini sudah memasuki seri ke-4, dan akan berlangsung di Spanyol.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Balapan akan berlangsung di Sirkuit Jerez, di mana para pembalap akan melakoni 27 balapan atau setara 119,4 km. Valentino Rossi berada dalam posis diunggulkan di seri ini, sebab memiliki catatan cukup baik.

Pembalap Movistar Yamaha tersebut menjadi yang paling sering memenangi GP Spanyol dengan 7 kemenangan. Belum lagi, Rossi sedang memuncaki klasemen sementara pembalap dengan 56 poin.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Dia unggul enam poin atas rekan setimnya Vinales yang memenangi dua balapan pertama tapi gagal finis di Austin. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan GP Spanyol, kita simak beberapa fakta menarik, seperti yang dilansir laman MotoGP.

Berikut Fakta-fakta Menarik dari MotoGP Spanyol:

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

1.  Jerez pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP Spanyol pada 1987. Tahun ini menandai edisi ke-30 Jerez menggelar MotoGP Spanyol.

2. Sirkut Assen merupakan satu-satunya sirkuit yang menggelar balapan grand prix balap motor secara beruntun dalam waktu yang lebih lama ketimbang Jerez.

3. Honda dan Yamaha sama-sama telah meraih tujuh kemenangan kelas MotoGP di Jerez.

4. Ducati baru sekali menang di Jerez, yakni pada 2006 ketika Loris Capirossi jadi juara dari pole position. Nicky Hayden menjadi pembalap Ducati terakhir yang naik podium di Jerez saat finis ketiga pada 2011.

5. Kemenangan terakhir Suzuki di Jerez adalah pada 2000 ketika Kenny Roberts memenangi balapan kelas 500cc dan menjadi juara dunia pada akhir musim. Aleix Espargaro finis kelima pada tahun lalu sekaligus menyamai pencapaian terbaik Suzuki di Jerez pada era MotoGP.

6. Aleix Espargaro (Aprilia) akan melakoni start balapan grand prix ke-200 di Jerez. Dia bakal menjadi pembalap ke-32 sepanjang sejarah grand prix balap motor dan kesembilan dari Spanyol yang start dalam 200 balapan di seluruh kelas.

7. Minimal ada satu pembalap Spanyol yang naik podium balapan MotoGP di Jerez dalam 13 tahun terakhir, dimulai pada 2004. Pembalap Spanyol juga paling sering memenangi balapan kelas primer (500cc/MotoGP) di Jerez dibanding di sirkuit lain.

8. Alberto Puig menjadi pembalap Spanyol pertama yang memenangi balapan kelas primer (500cc/MotoGP) di Jerez pada 7 Mei 1995.

9. Tahun lalu menandai pertama kalinya sejak 2009 pembalap Spanyol tak jadi juara di salah satu dari tiga kelas grand prix balap motor di Jerez.

10. Balapan kelas MotoGP di Jerez dalam lima tahun terakhir dimenangkan oleh lima pembalap berbeda, yaitu Casey Stoner, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.

11. Dalam tiga tahun terakhir, pembalap yang memenangi balapan kelas MotoGP di Jerez start dari pole position.

12. Kemenangan di Jerez pada tahun lalu menandai pertama kalinya Valentino Rossi menjuarai balapan dengan start dari pole position dan memimpin lomba pada setiap lap sejak 2009. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya