Prabowo Subianto Resmi Dilantik Jadi Ketum PB IPSI 2016-2020

Prabowo Subianto (kanan) resmi dilantik menjadi ketua umum PB IPSI
Sumber :
  • Muhammad Nurhendra Saputra/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia, atau PB IPSI, untuk masa bakti 2016-2020. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia, Tono Suratman di Wisma Serba Guna Gelora Senayan, Senin 22 Mei 2017.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Prabowo sebenarnya terpilih menjadi ketua umum sejak IPSI menggelar Munas di Bali pada 4 Desember 2016 lalu. Namun, pelantikan baru bisa dilakukan hari ini. Sebelumnya, Prabowo juga menjabat sebagai ketum pada periode 2012-2016.

"Pelantikan mengalami beberapa kali penundaan, karena ada kesibukan. Setelah waktunya tepat, akhirnya pelantikan bisa dilakukan dengan lancar. Terima kasih kepada Ketua Umum KONI, Tono Suratman," kata Prabowo usai pelantikan.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Menurut Prabowo, Indonesia harus bangga memiliki pencak silat. Sebab, ini merupakan olahraga asli Indonesia. Selain itu, pencak silat juga merupakan bagian dari jati diri bangsa.

"Mari kita terus jaga salah satu warisan budaya Indonesia. Saat ini, juga terus berjuang, agar pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade," tambah Prabowo.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

Sementara itu, Tono Suratman dalam sambutannya mengatakan, tugas PB IPSI di kepengurusan baru ini cukup besar. Tantangan ke depan, harus mampu meraih hasil terbaik pada kejuaraan internasional.

"Di bawah kepemimpinan pak prabowo pada periode sebelumnya Indonesia berhasil meraih delapan emas satu perak dan tujuh perunggu di kejuaraan dunia. Tentu saja, ini sangat membanggakan," kata Tono.

Indonesia menjadi juara umun pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2014 dan 2015. Kemudian, pada SEA Games ke 27 Myanmar dan 28 Vietnam Indonesia berhasil menjadi juara umum di pencak silat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya