Rahasia Kemenangan Korea Selatan

Korea Selatan juara Piala Sudirman 2017
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Korea Selatan akhirnya kembali berhasil mematahkan kemenangan beruntun China di arena Piala Sudirman. Mereka mematahkan empat kemenangan beruntun China di tahun 2003, dan kali ini mereka menghentikan enam kemenangan beruntun China. 

Sadis, China Pertahankan Gelar Piala Sudirman Usai Hancurkan Jepang

Di Carrara Indoor Stadium, tim Korea yang sama sekali tak menyandang unggulan justru sanggup menumbangkan tim yang bertabur bintang. China bahkan membawa pemain-pemain senior seperti Lin Dan, Fu Haifeng dan Zhang Nan. 

Tetapi, dengan pemain mudanya, mereka justru bisa menciptakan kejutan untuk menang atas China dengan skor dramatis 3-2. 

Tersingkir dari Piala Sudirman, Praveen/Melati Gagal 'Tebus Dosa'

"Kami memang mempersiapkan ganda campuran kami, tetapi penampilan mereka di perempat final dan semifinal tidak begitu menyenangkan," ujar pelatih kepala Korea Selatan, Kang Kyung Jin dari rilis yang diterima VIVA.co.id, Minggu 28 Mei 2017. 

"Namun mereka sudah melupakan hal ini dan mereka bisa fokus di setiap poin untuk bisa kemudian memenangkan pertandingan tadi," lanjutnya.

Fakta Miris di Balik Lolosnya Jepang ke Final Piala Sudirman 2021

Sementara itu, penentu kemenangan Korea, Chae Yoo Jung dan Choi Solgyu mengakui sempat kecewa dengan penampilan mereka di perempat final dan semifinal. Performa yang sempat membuat mereka kehilangan kepercayaan diri. 

"Tetapi pelatih dan rekan-rekan terus memberi semangat bahwa saya bisa mengalahkan mereka dan membuat kami bisa berpikir positif, mereka terus ada mendukung kami," ujar Chae Yoo Jung.

Laga Korea melawan China harus dituntaskan hingga partai kelima. China berhasil meraih poin dari dua peraih medali emas Olimpiade 2016, Zhang Nan/Fu Haifeng serta Chen Long. Tetapi Choi/Chae bisa mencuri kemenangan. 

"Kemenangan kami ini seperti keajaiban, bagaimana kami datang dengan ganda putra tanpa ranking dunia, bahkan kami mendapat pertanyaan bagaimana kami datang ke Piala Sudirman dengan pemain-pemain ini," kata Kang. 

"Tetapi mereka justru tampil baik di sepanjang turnamen ini. Kami hanya mencoba untuk terus menyemangati tim, dan membakar semangat mereka. Saya sendiri memposisikan diri untuk bisa seperti teman, pelatih, orang tua dan keluarga bagi semua pemain," tambah Kang. 

Kang mengakui Korea Selatan datang ke turnamen ini tanpa menduga bisa menjadi juara. Apalagi hasil di Olimpiade tahun lalu tidak begitu baik dengan hanya berhasil meraih perunggu.

"Kemenangan hari ini saya rasa akan menjadi sebuah hal positif bagi perkembangan bulutangkis di negara kami ke depannya," katanya.

Hasil Pertandingan Korea Selatan vs China:

- Choi Solgyu/Seo Seung Jae vs Fu Haifeng/Zhang Nan 14-21, 15-21
- Sung Ji Hyun vs He Bingjiao 21-12, 21-16
- Jeon Hyeok Jin vs Chen Long 10-21, 10-21
- Chang Ye Na/Lee So Hee 21-19, 21-13
- Choi Solgyu/Chae Yoo Jung vs Lu Kai/Huang Yaqiong 21-17, 21-13

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya