2.000 Peserta Ikuti Gowes Pesona Nusantara

Staf Ahli Menpora Adiati Noerdin menerima Tanah dan Air dari Kepala Suku Sayori
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA.co.id – Ajang Gowes Pesona Nusantara di Teluk Wondama, Papua, diprakarsai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu 10 Juni 2017, berlangsung meriah. Sekitar 2.000 orang mengikuti acara ini.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Dentuman suara tifa mengiringi delapan penari laki-laki melakukan tarian Majai, mengawali prosesi upacara penyerahan Tanah dan Air Kabupaten Teluk Wondama yang berlangsung di Bukit Aitumieri, Tanah Peradaban Papua, dalam rangka perhelatan Gowes Pesona Nusantara. Setelah melakukan ritual adat, Ketua Adat Suku Sayori, Yohan Sayori, menyerahkan Tanah dan Air dari Tanah Peradaban Papua kepada Staf Ahli Kemenpora Bidang Kepemudaan, Adiati Noordien, yang disaksikan Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi, dan Wakil Bupati Paulus Indubri, kemudian dijadikan satu dengan tanah dan air dari daerah lainnya yang akan dijadikan monumen Tanah Air Nusantara di kawasan gunung Tidar, Jawa Tengah.

"Kami keluarga besar Sayori bersama keluarga besar Ramarmaniwak mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Wondama yang merupakan Tanah Peradaban Papua, dengan resmi kami menyerahkan Tanah dan Air kepada Bupati Teluk Wondama. Sekian dan terima kasih, Tuhan Memberkati," tutur Ketua adat suku Sayori ketika memberikan secara simbolis tanah dan air dari Tanah Peradaban Papua kepada Adiati Nordien dalam rilis yang didapat VIVA.co.id.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

"Kami terima Tanah dan Air dari Kabupaten Teluk Wondama ini dan akan kami jadi satukan dengan tanah dan air dari daerah lainnya untuk dijadikan monumen Tanah Air Nusantara di Magelang, Jawa Tengah, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional pada 9 September mendatang," ucap Adiati Noerdin.

Tanah dan Air yang diambil dari Bukit Aitumieri kemudian diarak ke lokasi start/finis yang terletak di dermaga Kuri Pasai. Sekitar 2.000 peserta mengikuti kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini. Uniknya, bukan hanya bersepeda, masyarakat juga antusias mengikuti kegiatan ini dengan berjalan kaki sejauh 4 kilometer.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Tua, muda, anak-anak dan orang dewasa tumpah ruah di jalan protokol satu-satunya yang dimiliki Kabupaten Teluk Wondama. Antusiasme para pemuda Teluk Wondama terhadap acara ini adalah dengan tampil menggunakan baju adat bernama Kulit Kayu, Fita Poya, Cawat, Rok rumput, Blacklast, Mahkota (burung cenderawasih, burung kasuari dan kerang). Selain itu kelompok marching band pun hadir menyemarakkan perhelatan.

"Puji sukur kami ucapkan atas suksesnya acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Teluk Wondama. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Kemenpora RI yang telah hadir di daerah kami melalui program Ayo Olahraga, kemudian masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga menunjukkan keakraban kita, persatuan kita di tengah kehidupan majemuk di Tanah Peradaban Papua ini," ucap Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi.

"Kami sangat mendukung program Kemenpora melalui kegiatan-kegiatannya, di samping kami pun bisa sekaligus memperkenalkan kekayaan alam yang kami miliki di sektor pariwisata, karena destinasi pariwisata yang kami miliki tak kalah bagusnya dengan daerah lainya," tambah Bernadus Imburi.

Gowes Pesona Nusantara tak hanya bicara tentang olahraga, namun sekaligus mengangkat sektor pariwisata daerah. Tak kalah penting adalah kesatuan dan kebersamaan akan timbul dari event ini seraya mempertebal rasa nasionalisme terhadap NKRI dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

"Meriah," tutur Adiati Nourdin. "Inilah yang diharapkan oleh Bapak Menpora Imam Nahrawi yakni kemeriahan, keakraban dan kebahagiaan dari olahraga. Kita lihat animo masyarakat di sini benar-benar luar biasa dan mereka semua bergembira di mana mereka jarang sekali mendapatkan kegembiraan seperti ini, sehingga kita sudah pas betul mengikutsertakan Wondama dalam Gowes Pesona Nusantara ini," lanjut Adiati.

Adiati melanjutkan, di daerah ini terdapat wisata bahari yang indah, malah tak kalah indah dari Raja Ampat. "Mudah-mudahan melalui Gowes Pesona Nusantara yang juga dihadiri oleh rekan-rekan media mampu mengangkat potensi alam yang ada di sini menjadi terkenal dan membuat masyarakat luar penasaran untuk datang ke sini," tambahnya.

Lanjut Adiati, kehadiran Presiden RI beberapa waktu lalu telah bantu menambah fasilitas bagi masyarakat Wondama. Bahkan, Susi Air melakukan penerbangan pertama bertepatan dengan perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini. Sehingga melalui kegiatan ini  bisa memberikan peluang wisata dan menjadi objek yang lebih dikenal banyak orang untuk datang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya