3 Negara Ini Siap Hapus Indonesia di Peta Bulutangkis Dunia

Tim nasional bulutangkis Thailand
Sumber :
  • www.instagram.com/nitchaon/

VIVA.co.id – Kekuatan Indonesia sebagai negara salah satu kiblat bulutangkis dunia memang kerap terdengar sejak lama. Sejumlah prestasi mentereng para pebulutangkis nasional seolah mampu menempatkan skuat Merah Putih sebagai negeri yang disegani pada cabang tepok bulu angsa.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Namun belakangan ini, seiring dengan kian merosotnya taji pilar Merah Putih di kancah tertinggi bulutangkis menjadikan meredupnya pijar kecemerlangan nama besar Indonesia. Kegagalan menembus babak perempat final Piala Sudirman belum lama ini seperti jadi alarm bahaya eksistensi Tontowi Ahmad cs di tengah persaingan sengit yang kian ketat.

Kondisi ini pun seperti menjadi angin segar bagi beberapa negara kompetitor yang tak kalah serius melakukan pembinaan prestasi bulutangkis mereka.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Tercatat, ada sejumlah negara yang mengincar dominasi layaknya Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekuatan besar di cabang bulutangkis.

Berikut 3 negara yang tengah menjelma menjadi raksasa bulutangkis sejagat dan mengancam tahta Indonesia:

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Thailand

Tim nasional bulutangkis Thailand

Negeri Gajah Putih memang terkenal dengan upaya serius dalam mengelola pembinaan prestasi di bidang olahraga. Di bulutangkis, Thailand sempat mencuatkan nama Boonsak Ponsana di jajaran elite tunggal putra setidaknya pada satu dekade lalu.

Namun, keberhasilan tunggal putri Ratchanok Intanon merebut gelar juara dunia 2013 lalu seolah menjadi titik balik berkembangnya prestasi Thailand. Kini, deretan nama top mampu dihasilkan di tiap sektor dan membawa mereka sukses menembus semifinal Piala Sudirman 2017 lalu.

Selanjutnya.. India

India

Tim nasional bulutangkis India

Negara yang kerap dikenal lewat olahraga kriket ini mulai kembali menapaki langkahnya di blantika bulutangkis sejagat. Pernah berjaya melalui pesohor lawas Prakash Padukone sebagai juara All England 1980, negeri Bollywood kini berlari kencang mengejar kejayaan itu lagi.

Mulai dari mencuatnya tunggal putri Saina Nehwal, India terus menginvansi dunia bulutangkis dengan deretan pemain muda potensial lainnya. Kini, India tercatat telah menempatkan 4 tunggal putranya di jajaran peringkat 25 dunia, dan merebut medali perak Olimpiade Rio 2016 melalui tunggal putri mereka, PV Sindhu.

Jepang

Tim nasional bulutangkis Jepang

Bermodal keuletan dan sikap tangguh yang pantang menyerah, dunia olahraga Jepang memang sangat memiliki potensi luar biasa tak terkecuali juga di cabang bulutangkis. Sempat berjaya pada gelaran Piala Uber era 60-80an, kekuatan bulutangkis Jepang mulai kembali bergeliat pada era satu dekade ini.

Puncaknya, Negeri Sakura mampu mengukir sejarah mentereng kala menjadi juara Piala Thomas 2014 lalu dengan menyingkirkan dominasi China, Malaysia, Korea Selatan dan Indonesia. Saat ini sektor putri Jepang berhasil merajai bebarapa podium turnamen dengan puncaknya membawa pulang medali emas Olimpiade Rio 2016 melalui ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya