Insiden Berdarah Terjadi di Etape I Tour de Singkarak

Pembalap asal Vietnam, Bui Minh Thuy, mengalami kecelakaan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (18-11-17)

VIVA – Kecelakaan terjadi di Etape I ajang balap sepeda Tour de Singkarak, Sabtu 18 November 2017. Pembasal asal Vietnam, Bui Minh Tuy  yang tergabung dalam Bike Life-Dong Nai Team mengalami insiden.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Minh Thuy yang terjatuh saat hendak memasuki wilayah kota Padang Panjang, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. Sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Kota Padang Panjang, Minh Thuy ditangani terlebih dahulu oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang.

Menurut Novriza Yulida, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, mengungkapkan pihaknya telah menurunkan sedikitnya lima petugas. Satu di antaranya adalah dokter dan tiga perawat serta satu unit kendaraan ambulans.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

"Pertolongan pertama segera kita lakukan begitu yang bersangkutan kita terima, setelah itu kita rujuk ke rumah sakit," kata Novriza Yulida, Sabtu 18 November 2017.

Berdasarkan pemeriksaan, Minh Thuy mengalami luka pada bagian perut, dan siku. Khusus untuk bagian kepala yang pada saat kejadian dikeluhkan sakit, juga sudah diobservasi. Dan hasilnya, Bui Minh Thuy aman dan tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan.

Terpopuler: Timnas Jepang Hajar Thailand 5-0, Juara Dunia Tewaskan Istri Sendiri

"Saat ini Bui Minh Thuy sudah keluar dari rumah sakit dan sudah bergabung dengan timnya," ucap Novriza.

Novriza menegaskan, pihaknya selalu mengikuti instruksi dari race director, khusus untuk penanganan medis. Jika ada pembalap yang jatuh, maka race director akan memberikan informasi agar tim medis yang bertugas dapat dengan cepat melakukan pertolongan.

Sejak hasil rapat evaluasi terakhir, kata Novriza, pihaknya komitmen akan memberikan pelayanan medis yang cepat dan bagus. Tidak hanya kepada para pebalap, namun juga kepada tim lainnya, termasuk masyarakat yang saat itu tengah menonton TDS 2017.

"Yang jelas, kita berusaha memberikan pelayanan medis yang cepat dan baik," ucapnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya