Target Emas Asian Games, Tim Pencak Silat TC ke Jepang

Ilustrasi pencak silat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala/foc/16.

VIVA – Seni bela diri asli Indonesia, pencak silat, diklaim semakin dilirik oleh masyarakat dunia. Namun, hingga kini cabang tersebut tak kunjung diperlombakan di event multicabang internasional.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Di kawasan Asia Tenggara, silat memang sudah lama eksis, dengan mulai dipertandingkan di SEA Games sejak 1987. Namun, jalan untuk masuk ke level Asia  sampai sekarang belum terwujud.

Silat pernah dijadikan cabang eksibisi pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan, tapi sampai tiga edisi berikutnya olahraga ini tak juga resmi menjadi cabang Asian Games. Apalagi untuk masuk ke Olimpiade.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Tahun ini, pencak silat akhirnya kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tampil di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang juga Ketua Panitia Piala Gubernur DKI Jakarta 2017, Yohanes Edison Buru mengatakan, momentum ini tentu menjadi momentum kebangkitan silat tanah air. Diharapkan para atlet yang akan bertanding nanti bisa mempertahankan yang terbaik.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

"Kami sudah dikonfirmasi dari INASGOC untuk tampil di Asian Games 2018. Karena saya mewakili Pemprov DKI Jakarta, selaku bidang Pembinaan Prestasi, diharapkan nanti para atlet silat yang bertanding bisa meraih emas," ujar Yohanes kepada VIVA di GOR Ciracas, Senin, 18 Desember 2017.

Yohanes menambahkan, ada tiga nomor cabang pencak silat yang akan dipertandingkan nanti dari DKI Jakarta. tanding putri, tunggal putra dan tunggal putri.

"Kami berharap ketiga nomor itu meraih emas. Selain itu perhatian pemerintah terhadap cabang ini harus lebih lagi," pintanya.

Yohanes menuturkan, jelang persiapan Asian Games, para atlet akan diberangkatkan ke Jepang 19 Desember 2017 untuk Pelatihan Nasional (Pelatnas). Tentu dari sana akan hadir pesilat tangguh yang akan mengharumkan nama Indonesia nantinya.

"Kemungkinan hingga akhir Desember 2017. Semoga sepulangnya dari Jepang bisa meningkatkan kualitas keilmuan silat. Sehingga di event Asian Games nanti bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," tutur pria 41 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya